Minggu, 02 Juni 2013

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net

JUDUL SOAL : PENJUALAN BARANG 


Berikut Jawaban Program :

Public Class Form2


    Sub RancangTable()

        Listview1.Columns.Add("No Pembelian", 100, HorizontalAlignment.Center)
        Listview1.Columns.Add("Kode Barang", 100, HorizontalAlignment.Center)
        Listview1.Columns.Add("Nama Barang", 200, HorizontalAlignment.Center)
        Listview1.Columns.Add("Merek", 150, HorizontalAlignment.Center)
        Listview1.Columns.Add("Harga", 100, HorizontalAlignment.Center)
        Listview1.Columns.Add("Jumlah Beli", 100, HorizontalAlignment.Center)
        Listview1.Columns.Add("Total Harga", 100, HorizontalAlignment.Center)
        ListView1.View = View.Details
        ListView1.FullRowSelect = True
        ListView1.GridLines = True
    End Sub

    Sub IsiTable()

        Dim list As New ListViewItem
        list.Text = No_Pembelian.Text
        list.SubItems.Add(Kode_Barang.Text)
        list.SubItems.Add(Nama_Barang.Text)
        list.SubItems.Add(Merek.Text)
        list.SubItems.Add(Harga.Text)
        list.SubItems.Add(Jumlah_Beli.Text)
        list.SubItems.Add(Total_Harga.Text)
        ListView1.Items.Add(list)
    End Sub

    Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

      Kode_Barang.Items.Add("TS001")
        Kode_Barang.Items.Add("TS002")
        Kode_Barang.Items.Add("VG001")
        Kode_Barang.Items.Add("VG002")
        RancangTable()
    End Sub

    Private Sub Kode_Barang_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kd_Barang.SelectedIndexChanged
       Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kode_Barang.Text, 2)
        Select Case x
            Case "TS"
                Merek.Text = "Toshiba"
            Case "VG"
                Merek.Text = "V-Gen"
        End Select

        Dim j As String

        j = Microsoft.VisualBasic.Right(Kode_Barang.Text, 3)
        Select Case j
            Case "001"
                Nama_Barang.Text = "Flashdisk 4 GB"
            Case "002"
                Nama_Barang.Text = "Flashdisk 2 GB"
        End Select

        Select Case x & j

            Case "TS" & "001"
                Harga.Text = 105000
            Case "TS" & "002"
                Harga.Text = 75000
            Case "VG" & "001"
                Harga.Text = 90000
            Case "VG" & "002"
                Harga.Text = 60000
        End Select
    End Sub

    Private Sub Jumlah_Beli_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles Jumlah_Beli.KeyPress

        Dim x As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If x = 13 Then
            Total_Harga.Text = Harga.Text * Jumlah_Beli.Text
        End If
    End Sub

    Private Sub Simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Simpan.Click

        IsiTable()
    End Sub

    Private Sub Bersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bersih.Click

        No_Pembelian.Text = ""
        Kode_Barang.Text = ""
        Nama_Barang.Text = ""
        Merek.Text = ""
        Harga.Text = ""
        Jumlah_Beli.Text = ""
        Total_Harga.Text = ""
    End Sub

    Private Sub Hapus_Semua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Hapus_Semua.Click

        Listview1.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub HapusData_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HapusData.Click

        Listview1.Items.Remove(Listview1.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub Keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Keluar.Click

        End
    End Sub

End Class

Demikilahlah postingan saya  Nama : ICHE GUSTIYANI  NPM : 1111685

Selamat Pemrograman VB NET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar